Cara Memijat Bayi yang Baru Lahir

Bayi yang baru lahir memang masih lemah, rapuh dan hanya bisa menangis saja. Mulailah dengan memperhatikannya, menyusui, menggendong dan juga memijatnya. Anda harus belajar cara memijat bayi yang baru lahir, agar bisa mempraktikkannya dengan tepat setelah melahirkan. Memijat bayi bisa merekatkan hubungan batin antara bu dan bayinya. Selain itu, juga mendorong pertumbuhan dan perkembangan yang sehat dan bahagia bagi si kecil. 

Memijat bayi yang baru lahir akan membuat Anda lebih bisa berkomunikasi baik dengan si kecil dan cara mensupport pertumbuhannya di bulan pertama. Anda bisa mempelajari cara memijat bayi dengan orang yang ahli dukun bayi atau bidan. Setelah mampu melakukannya praktikkan setiap hari pada bayi Anda sehabis mandi. Jika masih bingung bagaimana memijat bayi yang tepat, ikutilah langkah-langkah kami berikut ini!
foto:tipsanakbayi.com

Inilah Cara Memijat Bayi yang Baru Lahir
Siapkan tempat yang nyaman untuk bayi Anda. Tempat bayi Anda pada kaki saja agar lebih mudah dalam pemijatan dan beri alas selimut atau handuk lembut. Siapkan minyak telon atau baby oil atau lotion baby. Pilih mana yang membuat bayi lebih nyaman dan tidak menimbulkan alergi.

Lemaskan kedua tangannya
Mulailah melemaskan kedua tangannya dan buatlah bayi Anda merasa aman serta menikmati setiap sentuhan Anda.

Pijat kaki
Langkah pertama cara memijat bayi di bagian kaki. Ambil baby oil secukupnya pada telapak tangan. Mulailah dari pangkal paha sampai pergelangan kaki bawah. Dilanjutkan ke punggung kaki dan beri usapan lembut pada jeri jemarinya serta pergelangan tangan. Kemudian, ke area telapak kaki dengan ibu jari. Lakukan secara bergantian, dari kaki yang satu ke kaki lainnya.

Perut
Apabila tali pusarnya telah seembuh, pijatlah lembut dibagian perut menggunakan ujung jari. Langkah ini untuk membantu pencernaannya. 

Punggung
Posisikan bayi Anda tengkurap. Cara memijat bayi di bagian punggung adalah mulai dari tulang belakang, kemudian leher hingga ke bagian bawah perut. Beri sedikit tekanan tapi lembut dan perlahan. Jangan sampai bayi tidak nyaman. 

Pijat bagian kepala
Pada kepala, pijatlah bagian keningnya dari atas ke bawah dan dari tengah keluar, gunakan 3 ujung jari Anda ketika memijatnya. Kemudian, usap alis mata dengan gerakan ke arah luar. Lalu, pijatlah bagian dekat mata lalu arahkan jari ke luar atau ke dagu. 

Itulah cara memijat bayi yang baru lahir. Yuk, praktikkan sendiri di rumah supaya ikatan batin Anda dengan bayi sangat kuat.

Share:

0 komentar