Mengatasi perut kembung pada bayi

Tanda-tanda bayi mengalami perut kembung ialah mereka cenderung menangis dan merengek tidak bisa diam dan selalu merajuk. Perut kembung merupakan hal yang wajar bagi bayi terlebih pada usia 3 dan 4 bulan. Hal ini disebabkan proses adaptasi mereka dengan makanan baru yang memenuhi asupan gizinya. Jika itu terjadi, Anda harus mengambil langkah yang tepat untuk cara mengatasi perut kembung pada bayi.
Inilah yang membuat semakin bertambahnya usia bayi maka semakin sering pula mereka mengalami perut kembung. Meskipun hal yang wajar, namun sebagai orang tua anda tentunya merasa cemas dan kasihan karena biasanya mereka akan bertambah dua kali lebih rewel daripada biasanya untuk menarik perhatian anda dan orang-orang di sekitarnya. 
foto:tipsanakbayi.com

Keadaan tersebut membuatnya tidak nyaman untuk beraktivitas dan bergerak sehingga anda mungkin perlu segera mengatasinya.Tetapi bagaimana cara mengatasi perut kembung pada bayi tersebut? Cara paling ampuh sekaligus mudah untuk menguranginya adalah anda bisa memberi pijatan lembut dari dada hingga perut bagian bawah si kecil dengan menggunakan putaran ibu jari serta usapan telapak tangan anda.
Selain itu anda juga bisa mengusap punggung bayi dengan cara menelungkupkan si kecil di atas paha anda secara perlahan lalu usap punggungnya secara lembut dan perlahan agar si kecil tidak terisak. Namun jika cara tersebut tidak berhasil dan ditambah dengan permasalahan lain seperti bayi tetap saja bertambah rewel disertai dengan demam dan muntah-muntah maka anda perlu menghubungi dokter untuk perawatan lebih lanjut.
Untuk mencegah terjadinya hal-hal buruk seperti gangguan pencernaan sebagai dampak awal perut kembung maka ada baiknya anda membiasakan diri untuk menyusui buah hati anda sebelum ia merasa lapar. Hal ini akan meminimalisir terjadinya perut kembung dan permasalahan lainnya. Selain itu, posisikan bayi anda dalam kondisi tegak setelah meminum susu. Namun, jangan tergesa-gesa agar si kecil tidak tersedak.
Demikianlah hal-hal yang bisa anda lakukan untuk mengatasi perut kembung pada bayi. Praktikkan cara-cara itu jika si kecil mengalami perut kembung. Perhatikan asupan gizi yang anda berikan pada buah hati anda, terlebih jangan memberi susu dalam jumlah besar saat menyusui karena besar kemungkinan yang menyebabkan si kecil tersedak dan muntah.
Jadilah ibu yang cerdas dan tahu apa yang terbaik untuk anak. Tak ada salahnya mendengarkan saran orang tua dalam merawat anak karena mereka lebih berpengalaman.

Share:

0 komentar