Cara Mengatasi Kulit Kering Dengan Bahan Rumahan

foto:estetiderma.co.id
Kekeringan terjadi saat kulit kehilangan kelembaban atau tidak bisa menahannya. Udara hangat di dalam ruangan selama musim dingin, mandi terlalu sering dan menggunakan sabun keras dapat menyebabkan kulit kering. Kulit yang sangat kering bisa menyebabkan penskalaan, retak, pengelupasan dan iritasi. Pengobatan alami merupakan cara mengatasi kulit kering yang efektif. 

Kulit kering paling sering terjadi pada kaki bagian bawah, sisi perut dan paha, meski kondisinya bisa terlihat di manapun di tubuh. Namun, konsultasikan dengan dokter Anda jika mengalami kulit kering dan gatal yang bisa mengganggu tidur atau jika perawatan di rumah tidak memperbaiki kondisi Anda. Berikut cara mengatasi kulit kering dengan bahan rumahan!

Pelembab
Menerapkan pelembab ke kulit kering menciptakan pelindung yang mencegah kelembaban. Cobalah pelembab berbasis minyak, seperti baby oil, untuk kulit yang sangat kering karena tahan lebih lama dari jenis pelembab lainnya. Minyak alami, termasuk alpukat, jojoba dan almond, juga membantu menjaga kulit kering tetap terhidrasi. Untuk hasil terbaik, oleskan minyak ke kulit Anda segera setelah mandi. Lap kulit Anda dengan handuk, namun biarkan beberapa uap air tetap berada di permukaan. Oleskan minyak secara perlahan ke beberapa bagian kulit yang kering. 

Garam laut
Garam laut bisa menghidrasi kulit kering bila digunakan dalam bak mandi atau sebagai scrub garam. Banyak ahli yang menyarankan menambahkan secangkir garam laut ke bak air hangat dan berendam setidaknya selama 20 menit untuk memberi makan kulit yang sangat kering. Campurkan 1 cangkir garam laut kasar dengan 1/4 cangkir gliserin sayuran untuk membuat garam gosok yang bergizi untuk kulit kering. Gosokkan campuran itu di atas kulit Anda dengan gerakan melingkar, dan bilas dengan air hangat. Setelah itu, terapkan pelembab berbasis minyak untuk hasil terbaik. Jangan menggunakan garam laut jika Anda memiliki luka terbuka, karena mungkin akan menyakitkan. 

Gel lidah buaya
Cara mengatasi kulit kering selanjutnya adalah dengan gel lidah buaya. Gel lidah buaya memiliki sifat menenangkan, menyembuhkan dan melembabkan saat digunakan pada kulit kering. Gel lidah buaya bekerja dengan baik pada kulit yang kering, karena dengan lembut melepaskan lapisan sel kulit atas yang mati. Oleskan gel aloe vera ke kulit kering Anda. biarkan selama 20 menit, bilas dengan air hangat. Ulangi prosesnya satu atau dua kali sehari.

Madu juga bisa digunakan sebagai cara mengatasi kulit kering. Terapkan madu murni ke kulit Anda dan biarkan meresap, lalu bilas.

Share:

0 komentar