Fungsi Lidah Buaya yang Harus Diketahui

foto:kompas.com
Lidah buaya atau aloe vera merupakan salah satu dari banyak jenis tanaman yang memiliki banyak manfaat. Ada banyak fungsi lidah buaya yang harus diketahui oleh manusia karena sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Tanaman ini, sudah dikenal sejak zaman kuno dapat mengobati beberapa penyakit, khususnya yang berkaitan dengan kulit. 

Tapi hati-hati, karena di dalam lidah buaya ada zat Aloin, jika diminum dalam jangka waktu lama dan jumlah banyak bisa memperburuk kondisi mukosa usus. Kalau Anda mempunyai mengidap suatu penyaki dan ingin menggunakan lidah buaya sebagai obat, sebaiknya konsultasikan pada dokter Anda terlebih dahulu. Kalau ingin lebih tahu tentang manfaatnya, simak yuk fungsi lidah buaya yang harus diketahui di bawah ini!

Untuk pencernaan dan detoksifikasi
Kekuatan detoksifikasi yang dimiliki oleh lidah buaya bisa membersihkan tubuh. Kandungan dalam lidah buaya membantu hati untuk mendetoksifikasi tubuh. Tidak hanya itu, jus lidah buaya juga merupakan makanan penting bagi pencernaan dan fungsi usus. Karena bisa membantu pencernaan makanan dan penyerapan nutrisi dengan benar oleh usus serta pengeluaran bahan limbah. Lidah buaya juga bisa menciptakan pelindung pada dinding usus yang membatasi penyerapan zat berbahaya.

Lidah buaya memperkuat sistem kekebalan tubuh
Fungsi lidah buaya yang harus diketahui selanjutnya adalah bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh. Dimana bisa membuat tubuh lebih responsif terhadap virus dan bakteri berbahaya. Manfaatnya terletak pada zat yang disebut Acemannan, yang merupakan sekutu untuk kekebalan tubuh. Mengkonsumsi jus lidah buaya bisa menjadi ide bagus untuk mempersiapkan tubuh saat musim dingin, di mana saat itu lebih mudah menjadi korban flu. Tapi bicarakan dulu dengan dokter. 

Sebagai antioksidan
Tanaman dengan seribu kebajikan ini adalah konsentrat garam mineral dan vitamin yang juga memiliki sifat antioksidan yang hebat. Oleh karena itu mampu melawan radikal bebas yang berkontribusi pada penuaan tubuh dan mempunyai efek positif baik pada kesehatan dan penampilan.

Sebagai antikanker
Jika Anda dalam fase pencegahan kanker atau tumor, Aloe Vera memiliki efek antikanker yang diketahui dan sangat efektif dalam mencegah kanker tertentu seperti kanker kolon, prostat, payudara, paru-paru, ovarium dan otak. Tidak hanya itu, tanaman ini juga bisa sangat baik untuk mengurangi efek samping radioterapi dan kemoterapi.

Manfaat Aloe Vera untuk kulit Anda
Diantara sifat menguntungkan Aloe Vera ada juga yang merawat dan menyehatkan kulit. Gel Aloe Vera sebenarnya memiliki sifat lenitive dan regeneratif jaringan yang memungkinkan Anda mengatasi berbagai masalah seperti gigitan serangga atau ubur-ubur, jerawat, luka bakar, eritema, lecet dan luka kecil. Zat itu juga memiliki kekuatan pelembab dan emolien yang baik dan karena itu ditunjukkan untuk perawatan kulit tangan dan wajah setiap hari.

Share:

0 komentar