Apakah Air Cooler Aman untuk Anak – Anak? Simak Penjelasan Berikut Ini!

Sebelum kita mulai, untuk Anda yang lagi cari air cooler, saya mau rekomendasi air cooler Honeywell nih. Kenapa? Karena Honeywell adalah sebuah brand yang sangat fokus dengan produk air coolernya, sampai-sampai mereka punya lab sendiri untuk research air cooler seperti apa yang cocok untuk masyarakat di daerah tertentu. Jadi bisa dipastiin semua Honeywell air cooler yang masuk ke Indonesia adalah produk-produk yang sudah dirancang sesuai dengan kebutuhan pasar di Indonesia. Tapi sebenernya air cooler itu apa sih? Apakah air cooler itu aman buat kesehatan?
Kebanyakan orang tua berpendapat kalau menggunakan Air Conditioner atau Air Cooler lebih aman daripada membiarkan anak mereka tinggal di ruangan yang panas, kurang udara, dan lembab. Anak anak pada umumnya belum bisa mengatur suhu tubuh sebaik orang yang sudah dewasa. Sehingga  mereka rentan terhadap penyakit yang berhubungan dengan panas seperti ruam, dehidrasi, atau iritasi kulit karena kepanasan .
Sehingga banyak orang tua yang mendesain kamar anak mereka agar mendapatkan udara yang cukup agar tidur mereka nyenyak. Ada juga orang tua yang menempatkan Air Cooler didalam kamar anaknya agar udara didalam kamar semakin sejuk. Namun apakah hal itu tidak mengganggu kesehatan si anak karena berada ddidalam udara yang cenderung dingin ketika tidur?
Oleh karena itu gunakan tips berikut ini agar anak Anda tetap aman dan nyaman ketika menggunakan Air Cooler:

1.    Menjaga temperatur yang nyaman


Jaga temperatur Air Cooler pada suhu yang tepat, tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Perubahan temperatur luar dan kelembaban bisa mempengaruhi dinginnya Air Cooler. Kamar Anda bisa menjadi dingin atau panas dengan cepat, sehinggan anak Anda tidak merasa nyaman dengan suhu kamarnya. Jika menggunakan Air Cooler sebaiknya posisi Air Cooler pada jendela yang agak terbuka agar aliran udara yang dihembuskan Air Cooler tetap sejuk dan segar bagi anak, khususnya ketika rumah Anda berada pada musim panas dan kelembaban udara terasa sedikit.

2.    Servis Air Cooler Untuk Pendinginan Yang Efisien

Membersihkan Air Cooler cukup mudah bahkan Anda sendiri pun bisa melakukannya. Jika Anda menggunakan AC sebaiknya olesi krim pelembab kepada anak untuk menjaga kelembaban kulitnya. Jangan membawa anak Anda langsung ke luar ruangan dari dalam, biarkan tubuhnya beradaptasi dahulu dengan membiarkannyaberdiri di perbatasan pintu masuk dan keluar. Perubahan temperatur yang mendadak bisa menyebabkan anak Anda rentan sakit.

3.    Arahkan Hembusan Angin Jauh dari Posisi Anak Anda


Jaga aliran udara mesin agar tidak mengarah ke posisi tempat tidur anak Anda. Hembusan Air Cooler bisa Anda arahkan ke samping atau ke atas, karena udara dingin biasanya turun dan udara panas naik ke atas. Sehingga Anda bisa mengarahkan hembusan angin Air Cooler ke arah yang lebih tinggi. Berpesanlah pada anak Anda supaya anak Anda memakai pakaian yang tipis tapi setidaknya menutupi kaki dan tangannya sehingga terhindar dari hawa dingin. Sebaiknya anak Anda berpakaian terlalu tertutup ketika tidur kecuali dalam musim dingin, namun jika musim dingin melanda pun sepertinya Anda tidak perlu menyalakan Air Cooler Anda.

Namun tidak selamanya Anda harus selalu menyalakan AC atau Air Cooler. Anak Anda juga perlu mendapat udara segar. Anda juga bisa menggunakan kipas angin untuk anak Anda jika suhu udara tidak terlalu panas.
Tutuplah tirai jendela Anda untuk mencegah masuknya sinar matahari yang berlebihan dan kenakan pakaian anak tipis. Jika anak Anda mulai kurang nyaman Anda bisa memindahkannya ke ruangan yang lebih dingin, menyalakan AC atau Air Cooler.
Itu tadi artikel tentang cara apakah Air Cooler aman jika dipakaikan untuk anak  Anda. Semoga wawasan Anda dapat bertambah.

Share:

0 komentar